Image of PERANCANGAN PENGEMASAN DAN MERCHANDISER PRODUK UMKM NASI BEBEK MAK LEHA MENGGUNAKAN METODE EXPLOSING

Electronic Resource

PERANCANGAN PENGEMASAN DAN MERCHANDISER PRODUK UMKM NASI BEBEK MAK LEHA MENGGUNAKAN METODE EXPLOSING



ADA FILE PDF
ABSTRAK

Daya tarik suatu produk tidak dapat terlepas dari kemasannya karena kemasan merupakan pemicu utama yang langsung berhadapan dengan konsumen. Oleh karena itu, kemasan harus dapat memengaruhi konsumen untuk memberikan respon yang positif, yaitu membeli produk. Untuk saat ini UMKM Nasi Bebek Mak Leha belum memiliki identitas, kemasan produk dan merchandise untuk membedakan dengan UMKM sejenis lainnya.

Berdasarkan kajian pustaka terhadap teori-teori tentang perancangan desain kemasan menurut penelitian Alfin NF Mufreni (2016) menunjukan bahwa desain produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen, schingga hipotesis pertama bahwa design produk berpengaruh signifikan terhadapa minat beli konsumen, terbukti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D Prosesnya yang pertama adalah pengumpulan data, peneliti mengumpulkan semua data yang dibutuhkan dalam proses perancangan Lalu menentukan tema dan konsep seperti apa desain yang akan dibuat sesuai permintaan pihak UMKM, dan terpilih warna coklat sebagai warna identitas. Warna coklat memberi makna sederhana dan klasik. Kemudian peneliti melakukan proses desain menggunakan aplikasi CorelDRAW X7 sebagai software editor berbasis vector. Lalu selanjutnya proses penilaian kepada pihak UMKM apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan. Jika desain sudah siap lalu peneliti analisis hasil desain dengan metode kualitatif deskriptif.

Dapat disimpulkan bahwa peneliti telah menyelesaikan pembuatan desain identitas, kemasan produk dan merchandise sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak UMKM Nasi Bebek Mak Leha, yang dapat digunakan sebagai tanda pengenal, wadah baru untuk produk nasi bebek dan smabal hitam dan merchandise. Hal yang diharapkan dari perancangan ini adalah dapat menambah ketertarikan dan kenyamanan konsumen dalam membeli produk dari UMKM Nasi Bebek Mak Leha.

Kata Kunci: Perancangan, Kemasan, Merchandise, Produk, UMKM.


Ketersediaan

TAMI21014TA.MI 2021 MUT pUMUM (MI 2021)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA.MI 2021 MUT p
Penerbit UNIVERSITAS CIC : CIREBON.,
Deskripsi Fisik
XIII, 61 HLM,; ILUS,; 29CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018143002
Klasifikasi
TA.MI 2021
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this