Image of PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK PARFUM PADA UMKM

Electronic Resource

PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK PARFUM PADA UMKM "DENNA COLLECTION" DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT



ADA FILE PDF
ABSTRAK

Packaging atau kemasan produk harus bisa memberikan first impressions atau kesan pertama yang baik bagi konsumen karena packaging sangat mempengaruhi psikologi konsumen agar tertarik untuk membeli produk tersebut. Selam untuk menambah daya tarik konsumen, packaging juga berperan penting untuk melindungi produk dan menunjukkan karakteristik produk yang dijual. UMKM Denna Collection merupakan salah satu toko bibit parfum yang berada di Majalengka. UMKM Denna Collection telah memiliki 3 (tiga) cabang tetapi belum memiliki packaging yang mampu menonjolkan karakteristik atau ciri khas dari toko Dengan permasalahan yang ada, penulis tertarik untuk melakukan perancangan desain packaging dengan metode Quality Function Deployment (QFD)

Berdasarkan kajian pustaka terhadap teor-teori tentang desain kemasan menurut Sudjadi Tjipto Rahardjo, (2019.4) dahulu kemasan dilihat dari segi fungsional saja dimana visual tidak menjadi hal yang penting. Namun seiring dengan perkembangan jaman dimana produk yang dijual semakin banyak dan telah menimbulkan persaingan sehingga kemasan memperoleh penambahan nilai fungsional Sedangkan metode QFD merupakan suatu metode untuk proses perencanaan dan pengembangan produk terstruktur yang memungkinkan suatu tim perancang produk untuk merinci keinginan dan kebutuhan pelanggan secara jelas, dan kemudian mengevaluasi tiap kemampuan produk atau jasa yang ditentukan secara sistematik dan dilihat dari segi pengaruhnya dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Desain packaging yang telah dibuat oleh penulis memiliki bentuk prisma segitiga menyerupai bentuk handbag Warna yang digunakan adalah gradasi dari warna very dark grayish blue ke warna strong blue. Selain packaging, penulis juga membuat desain thank card dengan warna senada yang nantinya akan digunakan schagai gut. Penulis juga melakukan survei kepada beberapa responden yang nantinya akan diuji. Pengujian yang dilakukan oleh penulis adalah Uji statistik dengan analisa statistik kuantitatif terhadap calon responden

RACARLINA DEVI MARDIANA 2018143000

konsumen/responden konsumen, uji 2 (dua) pihak dan House of quality (HOQ) Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, adanya packaging dan thank card ini bisa menunjukkan karakteristik produk dan bisa menambah ketertarikan konsumen untuk membeli produk parfum pada UMKM "Denna Collection".

Kata Kunci: Packaging, Karakteristik, Quality Function Deployment(QFD), House of Quality (HOQ), Uji statistik


Ketersediaan

TAMI21015TA. MI 2021 RAC pUMUM (MI 2021)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA. MI 2021 RAC p
Penerbit UNIVERSITAS CIC : CIREBON.,
Deskripsi Fisik
XV, 65 HLM,; ILUS,; 29CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018143006
Klasifikasi
TA. MI 2021
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this