Detail Cantuman
Advanced SearchElectronic Resource
PERACANGAN MERHANDISE KARAKTER TARI TOPENG SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN IDENTITAS KEARIFAN LOKAL CIREBON
HANYA HARDFILE
ABSTRAK
Karakter Tari topeng Cirebon adalah sebuah karakter kartun yang bertema dengan salah satu tarian di wilayah kesultanan Cirebon, Disebut tari topeng karena penarinya menggunakan topeng di saat menari. Berdasarkan data dari hasil peneliti yang dapat 80% Masyarakat mengetahui Tari Topeng tetapi tidak begitu mengenal secara dekat sehingga budaya Tari Topeng ini sangat disayangkan jika tidak ada pelesterian dan sebuah edukasi agar tidak luntur dan hilang.
Merchandise merupakan segala bentuk produk yang ditujukan sebagai hadiah. Dalam hal ini merchandise diberikan secara cuma-cuma kepada orang yang telah mengikuti atau melaksanakan kegiatan yang diwajibkan oleh produsen produk tersebut, sedangkan gift ialah produk yang dibuat untuk dijual.
Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, peneliti ingin membuat sebuah media promosi dengan media Merchandise menggunakan 5 Karakter Tari Topeng Cirebon yaitu Panji, Samba, Rumyang, Tumenggung dan Klana. Merchandise tersebut bertujuan mengenalkan Karakter 5 Tari Topeng Cirebon kepada masyarakat lebih dekat sehingga Karakter Tari Topeng tersebut lebih di kenal masyarakat Dikarenakan Kurang adanya variasi sebuah merchandise menggunakan 5 Karakter Tari Topeng Cirebon maka dari itu, penulis akan membuat sebuah projek Merchandise menggunakan 5 Karakter Tari Topeng Cirebon sebagai media promosi dan identitas kearifan lokal.
Keunikan 5 Karakter Tari Topeng Cirebon yaitu dengan illustrasi kartun yang lucu dengan ekspresi yang menggambarkan setiap karakter masing-masing dan pada setiap karakter memiliki sifat yang berbeda-beda dan merupakan ciri khas karakter tersebut mengikuti sifat karakter dari topeng yang digunakan
Untuk mengatasi hal tersebut, penulis akan membuat Merchandise dalam media mug, piring, totebag, t-shirts, keychain, badges, case handphone dengan menggambar sebuah sketsa tiap-tiap karakter lalu memindai gambar tersebut menggunakan alat scanner setelah gambar tersebut sudah di scan maka pembuatan illustrasi tersebut berlanjut menggunakan software Adobe Illustrator CC 2015 lalu diaplikasikan ke media Merchandise tersebut
Kata kunci: Tari Topeng, Merchandise, Karakter, Cirebon, media promosi
Ketersediaan
TAMI19019 | TA.MI 2019 SAR p | UMUM (MI 2019) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
TA.MI 2019 SAR p
|
Penerbit | UNIVERSITAS CIC : CIREBON., 2019 |
Deskripsi Fisik |
XV, V-2 HLM,; ILUS,; 29CM
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2016111002
|
Klasifikasi |
TA.MI 2019
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain