Image of PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA PROMOTOR TERHADAP PRODUCT KNOWLEDGE MENGGUNAKAN METODE KEY PERFORMANCE INDICATOR (KPI) (STUDI KASUS : PT. WORLD INNOVATIVE TELECOMMUNOCATION)

Electronic Resource

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA PROMOTOR TERHADAP PRODUCT KNOWLEDGE MENGGUNAKAN METODE KEY PERFORMANCE INDICATOR (KPI) (STUDI KASUS : PT. WORLD INNOVATIVE TELECOMMUNOCATION)



HANYA HARDFILE
ABSTRAK

Oppo adalah perusahaan yang bergerak dibidang smartphone. Dalam memasarkan produk, perusahaan memerlukan promotor dalam membantu user. Olch sebab itu promotor adalah ujung tombak perusahaan dalam penjualan produk. Dalam meningkatkan penjualan produk, promotor harus paham mengenai produk yang dijualnya. Dalam meningkatkan kualitas product knowledge promotor, perusahaan mengadakan training. Namun pada saat melakukan penilaian product knowledge trainer mengalami kendala karena belum adanya sistem penilaian digital.

Untuk mengetahui product knowledge terhadap kinerja promotor, perusahaan memerlurkan sebuah sistem dengan metode Key Performance Indicators (KPI). Penelitian ini bertujuan merancamg sistem penilaian product knowledge terhadap kinerja promotor. Tahap-tahap perancangan penilaian product knowledge melalui metode KPI yaitu menentukan kriteria, menentukan bobot dan menentukan target dari setiap kriteria. Pengumpulan data melalui obervasi dan studi literatur. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Tahap-tahap dari waterfall yaitu analisis kebutuhan sistem, desain, implementasi, verifikasi dan perawatan. Analisis data dilakukan dengan menyajikan data dan membuat simpulan.

Dari hasil penelitian, adanya sistem yang efektif dan efisien bagi promotor yaitu promotor dapat melihat hasil penilaian dari setiap kriteria sedangkan untuk trainer yaitu mempermudah dalam melakukan penilaian dan regional manager dapat melihat hasil kinerja promotor terhadap product knowledge. Selain itu, penelitian ini menghasilkan terbentuknya penilaian KPI dilakukan setiap 3 bulan ketika ada produk baru. Kriteria yang dihasilkan dalam KPI adalah kuesioner, probing, komparasi dan penjualan. Setiap kriteria memiliki bobot yaitu 10 untuk kuesioner, 30 untuk probing, 10 untuk komparasi dan 50 untuk penjualan. Penerapan metode KPI dapat menunjang pengambilan keputusan penilaian product knowledge terhadap kinerja promotor. Setiap promotor yang mendapatkan skor KPI 100 akan mendapatkan reward sebesar Rp.200.000 dan sertifikat.

Kata Kunci: Sistem Penilaian, KPI, Kinerja Promotor.


Ketersediaan

SKRSI21040SKR.SI 2021 GEN pUMUM (SKR SI)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR.SI 2021 GEN p
Penerbit UNIVERSITAS CIC : CIREBON.,
Deskripsi Fisik
XXIII, VI-2 HLM,; ILUS,; 29CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2017134005
Klasifikasi
SKR.SI 2021
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this