Image of SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMBERIAN BONUS HARI RAYA KEPADA PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA CV. RIZKI BAROKAH

Electronic Resource

SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMBERIAN BONUS HARI RAYA KEPADA PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA CV. RIZKI BAROKAH



HANYA HARDFILE
ABSTRAK

Rizki Barokah merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jual beli rongsokan. Berdiri tahun 2000 yang beralamat Jalan Dukuh Semar. Jumlah pelanggan saat ini sudah cukup banyak namun tiap tahunnya tidaklah tetap jumlahnya, Rizki Barokah selalu memberikan bonus untuk para pelanggannya ketika hari raya berupa uang dengan besaran yang sama besar. Pemberian bonus hari raya selama ini masih menggunakan sistem konvensional yaitu didasarkan pada keseringan pelanggan tersebut datang, kedekatan pemilik dengan pelanggan dan hal-hal yang subjektif lainnya. Sering kali menghasilkan keputusan yang dihasilkan menjadi tidak tepat. Oleh karena itu, diperlukan suatu mekanisme yang baku dalam menentukan skema pemberian besaran bonus hari raya ini. Tidak hanya dari sisi kedekatan, tapi juga dari kriteria-kriteria majemuk lainnya yang dapat digunakan dalam penentuan keputusan pemberian bonus hari raya.

Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan studi kasus, tahapan yang dilakukan adalah observasi dan wawancara. Untuk menginputkan data yang diperlukan selanjutnya dilakukan analisis dan perancangan sistem menggunakan tools Flowchart, Diagram konteks, DFD, dan ERD. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah MySql sedangkan databasenya menggunakan PhpMyAdmin Aplikasi ini dibuat untuk menentukan pemberian bonus hari raya kepada pelanggan dengan menggunakan metode TOPSIS.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi Sistem Penunjang Keputusan untuk penentuan dan besaran bonus hari raya kepada pelanggan yang terdiri dari 3 kriteria yaitu lamanya berlangganan, frekuensi menjual dan nominal omzet. Aplikasi yang telah dibuat dapat menampilkan informasi hasil perhitungan yang sesuai dengan rumus TOPSIS yang diberikan dan mampu memberikan kemudahan bagi pihak pemilik untuk menampilkan nama pelanggan yang layak mendapatkan bonus.

Kata Kunci: SPK, TOPSIS, Bonus.


Ketersediaan

SKRSI19081SKR.SI 2019 HUS sUMUM (SKR SI)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR.SI 2019 HUS s
Penerbit UNIVERSITAS CIC : CIREBON.,
Deskripsi Fisik
XV, V-2 HLM,; ILUS,; 29CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015114007
Klasifikasi
SKR.SI 2019
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this