Detail Cantuman
Advanced SearchElectronic Resource
SISTEM INFORMASI PEMINATAN CALON MAHASISWA DENGAN METODE ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN STRATEGI MARKETING STMIK CIC CIREBON
HANYA HARDFILE
ABSTRAK
Dalam pelaksanaan pendaftaran mahasiswa baru diperlukan sebuah manajemen yang mengorganisir kegiatan pengolahan data penerimaan mahasiswa menjadi sebuah informasi agar dapat mencapai tujuan. Terutama perguruan tinggi yang memiliki akses pengolahan data yang besar seperti di STMIK CIC Cirebon. Dengan jumlah peminat yang meningkat pihak marketing mengalami kendala saat mengelola data peminatan dan strategi marketing yaitu, belum adanya analisis data terhadap kuesioner yang diisi oleh calon mahasiswa, sehingga belum adanya perhitungan untuk mengelompokkan peminatan jurusan dan strategi marketing. Dari tahun ke tahun peminatan jurusan bertambah dan berasal dari sekolah yang berbeda-beda, maka dibutuhkan pendataan khusus untuk mencari informasi mengenai peminatan jurusan dalam prodi STMIK, strategi marketing dalam promosi dan faktor penentu yang membuat calon mahasiswa tertarik kuliah di STMIK CIC. Dalam penelitian ini, penulis akan membuat sistem informasi pendataan peminatan yang berfungsi sebagai suatu informasi berbasis komputer. Analisa dan perancangan aplikasi yang penulis gunakan yaitu Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram. Metode yang digunakan untuk mengelola pengelompokkan data peminatan dan strategi marketing yaitu Algoritma K-Means Clustering. Bahasa pemrograman yang digunakan PHP Hypertext Preprocessor dan MySQL sebagai media penyimpanan datanya. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa aplikasi berbasis web yang dapat digunakan oleh Bagian Marketing di STMIK CIC sehingga Bagian Marketing dapat menentukan pengelolaan data secara kelompok berdasarkan peminatan jurusan dan strategi marketing berupa data media promosi dan faktor apa yang membuat calon mahasiswa tertarik kuliah di STMIK CIC. Aplikasi ini berupa informasi yang dapat digunakan oleh STMIK CIC karena telah disesuaikan dengan proses bisnis di perguruan tinggi tersebut.
Kata Kunci: Peminatan, Marketing. Algoritma K-Means Chistering
Ketersediaan
SKRSI19078 | SKR.SI 2019 MEL i | UMUM (SKR SI) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
SKR.SI 2019 MEL i
|
Penerbit | UNIVERSITAS CIC : CIREBON., 2019 |
Deskripsi Fisik |
XXIII, V-2 HLM,; ILUS,; 29CM
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2015114050
|
Klasifikasi |
SKR.SI 2019
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain