Image of SISTEM ANALISIS KEPUASAN ALUMNI DAN PENGGUNA LULUSAN PADA UNIVERSITAS CATUR INSAN CENDEKIA DENGAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX DAN IMPORTANCE MATRIX

Electronic Resource

SISTEM ANALISIS KEPUASAN ALUMNI DAN PENGGUNA LULUSAN PADA UNIVERSITAS CATUR INSAN CENDEKIA DENGAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX DAN IMPORTANCE MATRIX



ADA FILE PDF
ABSTRAK

Dalam upaya untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kualitas lulusan di Universitas CIC, dilakukan survei kepuasan Alumni dan Pengguna Lulusan melalui web alumni.cic.ac.id. yang ada. Namun, terdapat permasalahan pada web tersebut, yaitu belum adanya fitur login atau verifikasi sebelum mengisi survei, serta hasil perhitungan dan analisis yang ada masih menghasilkan ukuran tingkat ketercapaian yang bias, artinya pengukuran kualitas layanan dan lulusan ini masih berdasarkan tingkat kepentingan salah satu pihak, belum diketahui seberapa puas alumni dan pengguna lulusan, serta kebutuhan atribut layanan dan atribut kinerja apa saja yang mempengaruhi kepuasan tersebut. Sehingga dari permasalahan tersebut diperlukan pengembangan sistem alumni.cic.ac.id.

Metode analisis yang digunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Matrix (Matrix IPA). Metode CSI digunakan untuk mencari indeks kepuasan, dan nilai kesenjangan. Sedangkan metode Matrix IPA digunakan untuk pengelompokan (pemetaan) dan usulan perbaikan atribut. Alat bantu perancangan sistem dilakukan dengan pendekatan berorientasi objek menggunakan UML. Sistem berbasis komputer yang dibangun adalah berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL.

Berdasarkan hasil uji sistem pada penelitian ini, sistem dapat menganalisa kepuasan alumni dan pengguna lulusan di Universitas CIC. Hasil uji survei kepuasan terhadap 31 Alumni tahun 2019 didapat indeks kepuasan sebesar 62.29% (Cukup Puas), dengan nilai gap tertinggi sebesar -0.97 pada atribut Upaya Universitas CIC dalam meningkatkan skill lulusan. Dengan usulan perbaikan terdapat pada atribut (1) Upaya Universitas CIC dalam memberikan informasi lowongan kerja, (2) Keseuaian Prasarana yang digunakan, serta (3) Upaya Universitas CIC dalam meningkatkan skill lulusan, dengan nilai prioritas masing- masing atribut sebesar 7.77, 7.41 dan 6.59.

Kata Kunci: Sistem, Analisis Kepuasan, Alumni, CSI, IPA-Matrix.


Ketersediaan

SKRTI20193SKR.TI 2020 KRI sUMUM (SKR TI)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR.TI 2020 KRI s
Penerbit UNIVERSITAS CIC : CIREBON.,
Deskripsi Fisik
XVII, VI-2 HLM,; ILUS; 29CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016102001
Klasifikasi
SKR.TI 2020
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this