Image of ANALISIS SENTIMEN TWEET #Minyakgoreng MENGGUNAKAN ALGORITME MULTINOMIAL NAIVE BAYES CLASSIFIER

Electronic Resource

ANALISIS SENTIMEN TWEET #Minyakgoreng MENGGUNAKAN ALGORITME MULTINOMIAL NAIVE BAYES CLASSIFIER



ADA FILE PDF
ABSTRAK

Twitter merupakan media jejaring sosial unik yang dapat memfasilitasi penggunanya untuk dapat mengirim dan menerima terkait segala sesuatu hal terhadap pengguna lainnya secara publik. Twitter menyediakan fitar trendy topik dan hashtag untuk kawasan atau wilayah tertentu sesuai dengan preferensi pengguna masing-masing. Melalui media sosial Twitter, setiap orang dapat berbagi informasi atau pendapat tentang orang lain tanpa harus bertemu satu dengan yang lainnya

Kelangkaan minyak goreng merupakan fenomena yang sempat menjadi suatu permasalahan di masyarakat yang menjadi isu nasional. Dalam pemberitaan yang dimuat di www.cnbcindonesia.com pada 2 Februari 2022 harga jual minyak goreng mengalami penurunan, tetapi hal tersebut disertai dengan langkanya minyak goreng yang ada di pasaran. Namun, pada 18 Maret 2022 harga minyak goreng tiba -tiba mengalami kenaikan yang signifikan. Berdasarkan hal tersebut, pengguna twitter berbondong-bondong untuk mengutarakan pendapatnya mengenai permasalahan kenaikan harga minyak goreng melalui media sosial twitter yang dimana hal tersebut menyebabkan banyaknya berbagai respond tweet baik itu berupa tweet bersentimen negatif maupun positif.

Penelitian ini membahas bagaimana menerapkan metode text mining dan algorima multinomial naïve bayes classifier dalam melakukan prepocessing teks dan klasifikası sentimen mengenai tweet #minyakgoreng Pembuatan perangkat lunak pada penulisan ini menggunakan bahasa pemrograman Python dan kerangka kerja Streamlit. Dataset tweet diperoleh dari sosial media twitter berkaitan dengan komentar masyarakat terhadap fenomena kenaikan harga minyak goreng dengan keyword "#minyakgoreng sebanyak 300 tweet menggunakan teknik crawling data. Hasil analisis berdasarkan 300 tweet menunjukan bahwa sentimen positif sebesar 56% dan sentimen negatif sebesar 44% pada periode Juni hingga juli 2022, sementara hasil pengujian yang diperoleh adalah nilai akurasi sebesar 94%, presisi sebesar 95% dan recall sebesar 95%

Kata kunci: Twitter, Minyak Goreng, Sentimen, Multinomial Naive Bayes. Text Minning, Hashtag.


Ketersediaan

SKRTI22234SKR.TI 2022 HER aUMUM (SKR TI)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR.TI 2022 HER a
Penerbit UNIVERSITAS CIC : CIREBON.,
Deskripsi Fisik
XVIII, VI-2 HLM,; ILUS,; 29CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018102029
Klasifikasi
SKR.TI 2022
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this