Image of ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG MUSEUM BANDAR CIMANUK INDRAMAYU MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN IMPORTANCE PERROFRMANCE ANALYSIS (IPA) BERBASIS WEB

Electronic Resource

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG MUSEUM BANDAR CIMANUK INDRAMAYU MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN IMPORTANCE PERROFRMANCE ANALYSIS (IPA) BERBASIS WEB



ADA FILE PDF
ABSTRAK

Museum Bandar Cimanuk merupakan tempat untuk mengenalkan ratusan benda pusaka dan bersejarah yang terpampang rapi dan terawat baik di pelataran maupun didalam Museum berfungsi sebagai tempat sarana pendidikan, penelitian dan rekreasi Kepuasan pengunjung adalah perilaku emosional terhadap layanan yang dihasilkan dari membandingkan apa yang diharapkan dengan apa yang diterima kepuasan pengunjung merupakan strategi jangka panjang yang mana membutuhkan komitmen, baik yang membutuhkan dana maupun sumber daya manusia Strategi yang dilakukan khususnya pada Museum melalui strategi umpan balik (feedback) dari pengunjung dijadikan gambaran dan tolak ukur apakah layanan yang dimiliki Museum selama ini sudah efektif, efesien, cukup lengkap dan cukup bermutu, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh para pengunjungnya. Saat ini untuk mengetahui pendapat pengunjung tentang layanan dan produk masih dilakukan dengan cara berbincang langsung dengan pengunjung, hal ini sering kali mengakibatkan kesulitan menggigat kembali tentang banyaknya opini pengunjung yang diwawancarai karena tidak terekam dengan baik Penggunaan metode SERVQUAL melalui lima dimensi, yaitu bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empatı (emphaty) Metode IPA menggunakan Diagram Kartesms Membantu mengukur sejauh mana tingkat kepuasan pengunjung Museum terhadap pelayanan Museum

Penelitian ini membahas tentang menilai kepuasan pengunjung Museum dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language) sebagai tools dalam analisis dan perancangan, serta bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preproccessor) dengan framework Codeigniter, dan MySQL sebagai media penyimpanan datanya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai gap dari hasil perhitungan keseluruhan data menunjukan bahwa nilai Gap yang bernilai positif lebih sedikit dari nilai Gap yang bernilai negatif Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan pihak Museum perlu melakukan perbaikan

Kata Kunci: Museum, Kepuasan Pengunjung, Service Quality, Importance Performance Analysis, UML.


Ketersediaan

SKRTI22249SKR.TI 2022 SUH aUMUM (SKR TI)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR.TI 2022 SUH a
Penerbit UNIVERSITAS CIC : CIREBON.,
Deskripsi Fisik
XIX, VI-1 HLM,; ILUS,; 29CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2018102080
Klasifikasi
SKR.TI 2022
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this