Detail Cantuman
Advanced SearchElectronic Resource
TINJAUAN ENTITAS KARAKTER INVOKER PADA GAME MOBA DOTA 2
HANYA HARDFILE
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan deskripsi berupa paparan kajuan pada entitas karakter Invoker yang berada di game MOBA Dota 2 dari sudut pandang semiotika, dan juga paparan keterlibatan logis terhadap pemain karakter tersebut dari sudut pandang simulası, simulakra, hiperrealitas Dewasa ini banyak manusia yang menganggap gim bukanlah hanya sebuah permainan, namun lebih kepada gaya hidup, bahkan sumber pemasukan baik berupa mlai maupun citra. Proses internalisasi dari karakter yang menjadi refleksi ini kepada pemainnya dapat menjadikan teralienasınya pemain karakter tersebut darı dirinya sendiri Dalam hal ini, Dota 2 adalah gim yang menjadi ruang simulasi dengan karakter Invoker sebagai simulakro-nya. Diperlukan adanya penelitian lebih lanjut terkait
bagaimana meninjau entitas karakter Invoker pada game MOBA Dota 27 Untuk terwujudnya hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan cara kualitatif. Dengan memanfaatkan peneliti sebagai instrumen utama penelitian Peneliti yang sekaligus pemain Dota 2 ini melakukan penelitian dengan berbagai cara diantaranya adalah wawancara, kajian dokumen, studi pustaka, dan referensi
multimedia berupa artikel-artikel terkait dari internet. Penelitian kualitatif ini mendapat hasil bahwa dengan kajian semiotika kita dapat mengkaji detail informasi berupa makna simbolik yang terkandung pada karakter Invoker Dota 2. Hasil kajian semiotika tersebut dianalısa lebih lanjut dengan teori simulasi, simulakra, hiperrealitas sehingga hasilnya adalah karakter Invoker bisa menjadi ruang simulakra yang dapat mengalienasi pemainnya dengan kriteria tertentu. Penelitian ini memberikan detail berupa paparan informasi yang penting untuk diketahui oleh banyak pihak, terlebih untuk dijadikan bahan untuk kampanye sosial. Namun, penelitian ini masih jauh dari kata sempurna karena dibutuhkan instrumen yang lebih besar untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Kata Kunci: Invoker, Dota 2, Semiotika, Simulakra
Ketersediaan
SKRDKV19333 | SKR.DKV 2019 SAL t | UMUM (SKR DKV) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
SKR.DKV 2019 SAL t
|
Penerbit | UNIVERSITAS CIC : CIREBON., 2019 |
Deskripsi Fisik |
XIV, V-3 HLM,; ILUS,; 29 CM
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2015124005
|
Klasifikasi |
SKR.DKV 2019
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain