Detail Cantuman
Advanced SearchElectronic Resource
ANALISA KUALITAS LAYANAN JASA PENDIDIKAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN IPA PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER DI CIREBON
HANYA HARD FILE
ABSTRAK
Nama : Kiran Agustin
Judul Analisa Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Menggunakan Metode Servqual Dan IPA Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Di Cirebon
NIM : 2015271007
Pembimbing: Sudadi Pranata, S.E., M.Si.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Servqual, Kepuasan Mahasiswa, IPA
Dalam rangka menyelesaikan program Diploma III jurusan Manajemen Bisnis Akademi Perdagangan Catur Insan Cendikia Cirebon, penulis dituntut untuk menyusun laporan Tugas Akhir sebagai salah satu syarat kelulusan. Adapun judul Tugas Akhir yang diambil penulis adalah "Analisa Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Menggunakan Metode Servqual dan IPA Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer di Cirebon.
Maksud dan tujuan pengambilan judul tersebut adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja dan kualitas layanan jasa pendidikan khususnya STMIK yang ada di Cirebon. Pengambilan data yaitu menggunakan teknik wawancara dan random sampling, yang kemudian didapatkan banyaknya sample sebesar 200 responden yang terdiri dari mahasiswa dari STMIK CIC Cirebon, STMIK IKMI Cirebon, dan STMIK WIT Cirebon.
Data-data lain yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini menganalisis kinerja pada masing-masing STMIK dan menghitung tingkat kepuasan mahasiswa dengan serangkaian pengujian analisis data. Metode yang digunakan adalah Metode Service Quality (Servqual Gap 5) dan Importance Performance Analysis (IPA) dengan sebelumnya diuji dengan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas.
Setelah dilakuan penelitian, diperoleh data yang menyatakan hasil dari metode servqual rata-rata keseluruhan gap per dimensi, dapat diketahui bahwa hanya dimensi bukti fisik yang memenuhi harapan mahasiswa dengan gap = 0, dan sisanya yaitu Empati, Kehandalan, Daya Tanggap dan Asuransi memiliki gap negatif, dengan kehandalan dan daya tanggap sebesar 0,3, empati -0.2 dan asuransi -0,1. Dan tingkat kesesuaian rata-rata sebesar 96 pada perhitungan menggunakan metode Impotance Performance Analysis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan jasa pendidikan STMIK yang ada di Cirebon yaitu Sangat Baik.
Ketersediaan
TAMB19507 | TA.MB 2019 KIR a | UMUM (TA MB) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
TA.MB 2019 KIR a
|
Penerbit | UNIVERSITAS CIC : CIREBON., 2019 |
Deskripsi Fisik |
X, 87 HLM,; ILUS,; 29 CM
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2015271007
|
Klasifikasi |
TA.MB 2019
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain