Image of KONFIGURASI LAYANAN PROXY SERVER UNTUK OPTIMALISASI BANDWIDTH INTERNET PADA SMA NEGERI 1 CIREBON

Electronic Resource

KONFIGURASI LAYANAN PROXY SERVER UNTUK OPTIMALISASI BANDWIDTH INTERNET PADA SMA NEGERI 1 CIREBON



ABSTRAK

SMA N 1 Sumber merupakan sekolah menengah atas yang terletak di jalan Sunan Malik Ibrahim 04 Sumber-Cirebon, Jawa Barat. Pada SMA N 1 Sumber terdapat jaringan internet yang berguna sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mencegah siswa untuk mengakses situs yang seharusnya tidak boleh diakses ketika siswa mengakses internet lewat jaringan yang disediakan di SMA N I Sumber dan juga dibutuhkan sebuah layanan yang dapat mengoptimalisasi bandwidth yang tersedia.

Proxy server memberikan solusi atas permasalahan dalam melakukan filtering situs dan caching pada server sebagai bentuk optimalisasi bandwidth. Dalam membuat proxy server, penulis menggunakan layanan squid proxy server pada sistem operasi CentOS yang mempunyai kemampuan handal dalam hal filtering situs dan caching. Manfaat yang diperoleh adalah mampu mencegah client yang terkoneksi pada jaringan yang disediakan untuk mengakses situs yang salah satunya bermuatan negatif sehingga dapat mendukung program sekolah dalam hal internet sehat.

Squid adalah sebuah http proxy server walaupun dapat pula berfungsi sebagai ftp prox server. Selain befungsi sebagai proxy, squid juga berfungsi sebagai cache. Dengan cache maka beberapa obyek seperti file-file gif,.jpg dll. yang sering di butuhkan oleh jaringan lokal akan disimpan di dalam memori cache sehingga jika suatu saat di butuhkan lagi jaringan lokal tidak usah mengambilnya langsung dari server aslinya tetapi cukup dari cache lokal pada squid. Dengan demikian maka akan dicapai penghematan waktu dan bandwidth, biasanya sekitar 30%-40% dari keseluruhan permintaan akses http.

Kata Kunci: centOS, proxy server, squid proxy, filtering situs, caching.2015112016


Ketersediaan

PYTI18640PY.TI 2018 AHM kUMUM (PY TI)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PY.TI 2018 AHM k
Penerbit UNIVERSITAS CIC : CIREBON.,
Deskripsi Fisik
XIV, V-1 HLM,; ILUS,; 29CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015112016
Klasifikasi
PY.TI 2018
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this